Myspace Layoutshttp://s1098.photobucket.com/albums/g369/roygandasimbolon/?action=view¤t=2656161rh1t3ojaym-1.gif -->
BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Sabtu, 10 Desember 2011

kumpulan materi pembelajaran IPS SD kelas 3

Materi pembelajaran ips kelas iii
  1. MATERI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) Disusun Oleh : Nama : Roganda Simbolon NIM : 090801141
  2. Materi Pembelajaran IPS Kelas III LINGKUNGAN ALAM DAN LINGKUNGAN BUATAN
  3. Materi Pembelajaran IPS Kelas III Lingkungan alam adalah segala sesuatu yang ada di alam dan diciptakan oleh Tuhan. Ketampakan lingkungan alam di muka bumi berbeda-beda. Contoh lingkungan alam yang ada di muka bumi, antara lain sungai, danau, laut, lembah, dan gunung. Selain itu, ketampakan alam ada juga yang berupa dataran rendah, pantai, laut,pegunungan, dan dataran tinggi. A. PEGUNUNGAN Salah satu ketampakan alam yang dapat kita lihat adalah pegunungan. Pegunungan adalah bentang alam yang berupa deretan gunung yang bersambungan. Pegunungan termasuk dataran tinggi. Udara di pegunungan biasanya sejuk dan bahkan ada yang sangat dingin. Daerah pegunungan sangat baik untuk bercocok tanam buah, sayur, dan bunga. Lingkungan Alam
  4. Materi Pembelajaran IPS Kelas III
    • Daerah pegunungan juga dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata. Oleh
    • karenapemandangannya yang indah. Daerah pegunungan yang banyak
    • ditumbuhi tanaman dapat menyerap dan menyimpan air hujan. Hal ini
    • berguna untuk mencegahterjadinya erosi. Erosi adalah pengikisan tanah
    • yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor.
Lingkungan Alam
  1. Materi Pembelajaran IPS Kelas III
    • B. SUNGAI
    • Sungai juga termasuk ketampakan alam.
    • Sungai banyak memberikan manfaat bagi
    • manusia. Manfaat sungai, antara lain
    • untuk mandi, mencuci, pengairan lahan
    • pertanian(irigasi) dan sarana transportasi
    • (untuk sungai-sungai besar di luar Pulau
    • Jawa). Di sungai banyak hidup berbagai
    • binatang air, seperti ikan, buaya, dan
    • katak.
Lingkungan Alam
  1. Materi Pembelajaran IPS Kelas III
    • C. DANAU
    • Danau merupakan lingkungan alam. Danau
    • terjadi karena adanya cekungan di alam
    • yangterisi air, baik dari air hujan maupun
    • darimata air yang ada di tempat tersebut.
    • Danau juga dapat dimanfaatkan sebagai
    • tempat penampungan air. Danau sangat
    • bermanfaat bagi manusia. Manfaat danau
    • bagi kehidupan manusia, antara lain, untuk
    • keperluan-keperluan sebagai berikut:
    • 1) budi daya ikan air tawar,
    • 2) tempat wisata,
    • 3) irigasi atau pengairan sawah, dan
    • 4) sarana olahraga (dayung).
Lingkungan Alam
  1. Materi Pembelajaran IPS Kelas III
    • D.PANTAI DAN LAUT
    • Pantai adalah daerah perbatasan antara laut dan
    • daratan. Pantai lazim terletak di daerah pesisir.
    • Pantai biasanya banyak ditumbuhi pohon kelapa
    • dan tumbuhan bakau.Tumbuhan bakau berguna
    • untuk menahan abrasi atau erosi yang disebabkan
    • gelombang air laut dan tempat hidup ikan.
    • Pantai yang indah menjadi salah satu
    • objek wisata yang digemari banyak
    • orang.
Lingkungan Alam
  1. Materi Pembelajaran IPS Kelas III
    • Laut juga termasuk dalam ketampakan alam
    • yang banyak memberikan manfaat bagi
    • kehidupan manusia. Laut menyimpan
    • banyak kekayaan alam, seperti ikan dan
    • mutiara. Di dasar laut juga banyak terdapat
    • sumber daya alam, seperti minyak bumi dan
    • gas. Laut menjadi sarana transportasi yang
    • penting, baik dalam satu negara maupun
    • antarnegara. Laut juga dapat dimanfaatkan
    • sebagai sarana olahraga, seperti berenang
    • menyelam, ski air, selancar, dan perahu
    • layar.
Lingkungan Alam
  1. Materi Pembelajaran IPS Kelas III Lingkungan buatan adalah segala sesuatu yang dibuat oleh manusia dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contoh lingkungan buatan adalah waduk, lahan pertanian, tambak, perkebunan, dan permukiman penduduk. A. WADUK Waduk dibuat manusia untuk menampung air hujan. Waduk juga sebagai tempat berkumpulnya aliran sungai atau tempat penampungan air di wilayah yang bersangkutan. Manfaat waduk bagi manusia, antara lain untuk keperluan-keperluan sebagai berikut Lingkungan Buatan
  2. Materi Pembelajaran IPS Kelas III
    • 1) pembangkit listrik,
    • 2) irigasi atau pengairan sawah,
    • 3) budi daya ikan air tawar,
    • 4) tempat rekreasi,
    • 5) pengendali banjir, dan
    • 6) kegiatan olahraga (dayung, ski air, dan sebagainya).
    • B. LAHAN PERTANIAN
    • Indonesia merupakan negara yang mempunyai lahan
    • pertanian yang luas. Lahan pertanian yang ada di
    • Indonesia dimanfaatkan penduduk untuk kegiatan
    • pertanian seperti padi, jagung, sayuran, buah, dan
    • tanaman lainnya. Sebagian besar penduduk di negara
    • kita bermata pencaharian sebagai petani. Lahan
    • pertanian harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
    • Hasil pertanian berguna untuk memenuhi kebutuhan
    • hidup manusia.
Lingkungan Buatan
  1. Materi Pembelajaran IPS Kelas III
    • C. TAMBAK
    • Usaha tambak dilakukan di daerah dekat pantai. Petani tambak menggunakan
    • daerah pantai untuk usaha tambak udang dan bandeng. Udang dan bandeng
    • merupakan sumber protein yang diperlukan tubuh kita. Pernahkah kamu
    • melihat budi daya bandeng di tambak?
Lingkungan Buatan
  1. Materi Pembelajaran IPS Kelas III
    • D. PERKEBUNAN
    • Pernahkah kamu pergi ke daerah pegunungan
    • atau di dataran tinggi? Tanaman apa saja yang
    • ada di daerah pegunungan? Tanaman di daerah
    • pegunungan adalah jenis tanaman perkebunan
    • yang bisa tumbuh dengan baik di daerah
    • sejuk, seperti teh, kopi, dan tembakau.
    • Selain di dataran tinggi usaha perkebunan juga
    • diusahakan di tempat lain. Contoh hasil dari
    • tanaman perkebunan lainnya adalah kelapa
    • sawit, karet, cokelat, kapas, dan sebagainya.
    • Perkebunan juga termasuk dalam lingkungan
    • buatan. Perkebunan dibuat oleh manusia
    • dengan tujuan untuk berbagai memenuhi
    • kepentingan hidupnya.
Lingkungan Buatan
  1. Materi Pembelajaran IPS Kelas III
    • E. PEMUKIMAN
    • Pemukiman penduduk merupakan suatu wilayah
    • yang digunakan untuk tempat tinggal masyarakat.
    • Pemukiman penduduk juga termasuk dalam
    • lingkungan buatan, karena kompleks pemukiman
    • dibuat manusia untuk tujuan tertentu yaitu
    • sebagai tempat tinggal. Kawasan pemukiman
    • penduduk adalah suatu tempat berupa
    • rumah-rumah yang dibangun pada lahan tertentu.
    • Perhatikan uraian berikut!
Lingkungan Buatan
  1. Materi Pembelajaran IPS Kelas III Pak Tatang tinggal di kompleks perumahan. Namanya Perumahan Pondok Permai. Ia tinggal di Jalan Kenanga Blok A Nomor 2. Pak Tatang menjadi ketua RT. Lingkungan perumahan tersebut bersih dan rapi. Tidak ada sampah yang berserakan. Air selokan mengalir dengan lancar. Setiap hari warga menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan. Sebagai ketua RT, Pak Tatang memberi contoh yang baik kepada semua warga. Misal, dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Bunga-bunga di taman tidak boleh dipetik. Fasilitas umum di kompleks tidak boleh dirusak dan dicorat-coret. Sesama warga harus hidup rukun dan saling meng-hormati. Di kompleks perumahan, setiap satu minggu sekali diadakan kerja bakti untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Semua warga wajib mengikutinya. Lingkungan perumahan menjadi bersih, sejuk, dan rapi. Semua warga hidup tenteram. Lingkungan Buatan
  2. Materi Pembelajaran IPS Kelas III CARA MEMELIHARA LINGKUNGAN
  3. Materi Pembelajaran IPS Kelas III Tumbuh-tumbuhan yang hidup di hutan dan di pegunungan dapat berfungsi untuk melestarikan air, udara, dan tanah. Akar tumbuhan dapat berfungsi sebagai penahan air, sehingga tidak akan terjadi banjir dan erosi pada saat hujan deras. Erosi dan banjir menyebabkan lapisan tanah paling atas akan ikut hanyut. Padahal lapisan tanah paling atas adalah yang paling subur. Hutan juga disebut dengan paru-paru dunia. Tumbuhan yang ada di hutan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida. Hal ini terjadi pada saat tumbuhan melakukan proses fotosintesis. Oksigen diperlukan makhluk hidup untuk bernapas. A.MENJAGA KELESTARIAN AIR Setiap makhluk hidup membutuhkan air. Manusia membutuhkan air untuk minum, mandi, mencuci, memasak, dan lain-lain. Air untuk minum harus dimasak lebih dulu agar kuman-kuman nya mati. Hewan memerlukan air untuk minum dan mandi. Tumbuhan memerlukan air untuk pertumbuhan dan kesuburannya. Cara Memelihara Lingkungan Alam
  4. Materi Pembelajaran IPS Kelas III Air merupakan karunia Tuhan yang harus dijaga keberadaan dan kebersihannya. Air yang kotor atau tercemar tidak dapat dimanfaatkan. Air yang kotor atau tercemar dapat membahayakan kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Kelestarian air dapat dijaga dengan cara antara lain: 1) tidak membuang sampah di sungai atau saluran air, 2) melakukan kegiatan penghijuan atau penanaman pohon yang dapat berfungsi sebagai penahan dan penyimpan air; 3) menggunakan air sesuai kebutuhan. 4) Air bekas cucian dan mandi diusahakan tidak langsung meresap ke dalam tanah, tetapi dialirkan ke saluran pembuangan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi pencemaran air tanah. Cara Memelihara Lingkungan Alam
  5. Materi Pembelajaran IPS Kelas III
    • B.MENJAGA KELESTARIAN UDARA
    • Udara sangat penting bagi kehidupan manusia.
    • Setiap makhluk hidup di bumi membutuhkan udara.
    • Manusia dan hewan memerlukan udara untuk
    • bernapas. Tanpa udara semua makhluk hidup akan
    • mati. Udara perlu dijaga kebersihannya. Asap
    • pabrik dan asap kendaraan bermotor dapat
    • menyebabkan terjadinya pencemaran udara.
    • Pencemaran udara sama dengan polusi udara.
    • Untuk mengurangi pencemaran udara, pabrik-
    • pabrik yang besar harusmenggunakan cerobong
    • asap. Udara yang bersih baik untuk kesehatan
    • badan. Untuk mengurangi terjadinya pencemaran
    • udara sebaiknya di kanan kiri jalan ditanami pohon.
    • Kamu juga harus ikut serta dalam menjaga
    • kebersihan udara.
Cara Memelihara Lingkungan Alam
  1. Materi Pembelajaran IPS Kelas III
    • C. MENJAGA KESUBURAN TANAH
    • Tanah merupakan tempat hidup bagi makhluk hidup.
    • Semua hasil pertanian, perkebunan, tambang, dan
    • hasil bumi lainnya berasal dari tanah. Tanah yang
    • subur dapat menghasilkan tanaman yang baik.
    • Tanah yang tandus perlu diolah agar menjadi subur.
    • Sampah dari daun baik untuk menyuburkan tanah.
    • Untuk menjaga kelestarian tanah tanamilah tanah
    • kosong di sekitarmu agar tidak menjadi tandus.
    • Tanah harus diolah dengan pengairan dan
    • pemupukan yang benar.
Cara Memelihara Lingkungan Alam
  1. Materi Pembelajaran IPS Kelas III Kelestarian tanah juga dapat dilakukan dengan cara tidak membuang sampah di sembarang tempat. Sampah harus dibuang di lokasi pembuangan yang semestinya. Sampah yang kita buang umumnya terdiri atas sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup. Contoh sampah organik adalah daun-daun, sisa-sisa makanan, dan sebagainya. Sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari benda tak hidup. Contoh sampah anorganik antara lain kaleng, botol, dan plastik. Sampah organik dapat membusuk dan terurai oleh bakteri atau jamur sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan. Sementara sampah anorganik tidak dapat terurai sehingga akan merusak kelestarian tanah. Oleh karena pentingnya tanah, air, dan udara maka jagalah kelestarian tanah, air, dan udara di sekitarmu. Hal ini bertujuan agar dapat terus memberikan manfaat bagi kehidupan. Semua itu karunia Tuhan Yang Maha Esa. Cara Memelihara Lingkungan Alam
  2. Materi Pembelajaran IPS Kelas III DENAH LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH
  3. Materi Pembelajaran IPS Kelas III
    • A.MEMBUAT MATA ANGIN
    • Tahukah kamu apakah mata angin itu? Jika kamu berdiri
    • di halaman dan menghadap ke arah matahari terbit,
    • berarti kamu menghadap ke arah timur. Punggungmu ke
    • arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan dan tangan
    • kirimu kearah utara. Untuk lebih jelasnya, perhatikan
    • arah mata angin berikut ini.
    • KETERANGAN
    • U : utara S : Selatan
    • TL : timur laut BD : Barat daya
    • T : timur B : barat
    • TG: tenggara BL : barat laut
Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah
  1. Materi Pembelajaran IPS Kelas III Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah Ketentuan menggambar mata angin adalah sebagai berikut: a. atas : arah utara, b. bawah : arah selatan, c. kanan : arah timur, d. kiri : arah barat, e. antara barat dan utara : arah barat laut, f. antara timur dan utara : arah timur laut, g. antara barat dan selatan : arah barat daya, h. antara timur dan selatan : arah tenggara.
  2. Materi Pembelajaran IPS Kelas III Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah B.DENAH LINGKUNGAN RUMAH
  3. Materi Pembelajaran IPS Kelas III Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah C.DENAH LINGKUNGAN SEKOLAH
  4. Materi Pembelajaran IPS Kelas III Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah D.DENAH RUANG KELAS
  5. Materi Pembelajaran IPS Kelas III Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah E.MANFAAT DENAH SD Bakalan 01 akan menerima tamu dari SD Harapan 02. Kedua sekolah itu akan melakukan pertandingan persahabatan dalam cabang olahraga sepak bola, bulu tangkis, dan kasti. Hari itu Bu Farida, guru kelas III, memberikan tugas kepada Rudi, Gunawan, Irfan, Tina, dan Rani untuk melakukan persiapan. Bu Farida meminta mereka untuk membuat denah SD Bakalan 01. Denah itu akan diberikan kepada tamu dari SD Harapan 02. Dengan begitu, tamu dari SD Harapan 02 akanmudah mengenali keadaan SD Bakalan 01 beserta lingkungan sekitarnya. Itulah salah satu manfaat pembuatan denah.
  6. Materi Pembelajaran IPS Kelas III KEGIATAN JUAL BELI
  7. Materi Pembelajaran IPS Kelas III Kegiatan Jual Beli Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah Setiap keluarga mempunyai kebutuhan. Kebutuhan tersebut antara lain adalah makanan, pakaian, dan kebutuhan hidup lainnya. Untuk mendapatkan semua kebutuhan kita harus berbelanja.Tempat-tempat perbelanjaan antara lain warung, toko, dan pasar. Di pasar banyak pedagang yang menjual kebutuhan sehari-hari yang kita butuhkan. Orang yang tinggal di dekat pasar pun dapat menambah penghasilan mereka. Misalnya, membuka titipan sepeda, menjual makanan dan minuman, atau menjadi kuli angkut barang.
  8. Materi Pembelajaran IPS Kelas III
    • A.WARUNG
    • Warung adalah tempat untuk menjual dan
    • membeli barang kebutuhan sehari-hari.
    • Contohnya, beras, minyak, gula, kopi,
    • teh, sayur-sayuran, sabun, pasta
    • gigi, sampo, dan berbagai keper-Gambar 1
    • Warung menjual barang barang kebutuhan
    • sehari-hari.
Kegiatan Jual Beli MACAM-MACAM TEMPAT JUAL BELI
  1. Materi Pembelajaran IPS Kelas III Kegiatan Jual Beli B.TOKO TOKO SEPATU TOKO PAKAIAN TOKO MAINAN 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar